PROTOTYE MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION MOBILE BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SEKOLAH DASAR
KULIAH KERJA PRAKTEK
Disusun Oleh :
Nama : Dede Nur Hamzah
NIM : 1504030043
Program Studi Teknik Informatika
Fakultas Teknik
Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
2018
BAB III
METODOLOGI DAN PERANCANGAN
3.1. Gambaran Umum Objek Yang Diteliti
3.1.1. Profil Umum SDN Bojongnangka
Sekolah Dasar Negeri Bojongnangka berdiri sejak tahun 1951 dan pernah mengalami perubahan pada tahun 1988. Sekolah ini berlokasi di Jalan Raya Karawaci-Legok Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Jarak sekolah ke pusat Kecamatan sekitar 8 KM dan ke pusat Otoda sekitar 30 KM. Kegiatan belajar mengajar sekolah ini dilaksanakan pada pagi dan siang hari, dan sekolah ini memilki Akreditasi A
3.1.2. Struktur Organisasi Sekolah
3.1.3. Tugas dan Tanggung Jawab
i. Kepala Sekolah
1. Menyusun program kerja sekolah.
2. Mengawasi proses belajar mengajar, pelaksanaan dan penilaian terhadap proses dan hasil belajar serta bimbingan dan konseling ( BK ).
3. Sebagai pembina kesiswaan.
4. Pelaksanaan bimbingan dan penilaian bagi para guru serta tenaga kependidikan lainnya.
5. Penyelenggaraan administrasi sekolah yaitu meliputi administrasi ketenagaan, keuangan, kesiswaan, perlengkapan dan kurikulum.
6. Pelaksanaan hubungan sekolah dengan lingkungan sekitar dan atau masayarakat.
ii. Komite Sekolah
1. Pemberi pertimbangan (Advisory Agency) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan di satuan pendidikan.
2. Pendukung (Supporting Agency) baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.
3. Pengontrol (Controlling Agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.
4. Mediator (Mediator Agency) antara pemerintah (Executive) dengan masyarakat di satuan pendidikan.
iii. Unit Perpustakaan
1. Merencanakan dan melakukan pengadaan bahan-bahan pustaka sesuai dengan kebutuhan.
2. Mengiventarisasi bahan-bahan pustaka ke dalam buku induk dan buku iventaris.
3. Mengklasifikasikan bahan-bahan pustaka menurut sistem klasifikasi tertentu.
4. Mengkatalog dan melabel buku-buku perpustakaan sekolah
5. Membuat perlengkapan buku (kartu buku, barkot, slip tanggal)
6. Menyusun koleksi / bahan-bahan pustaka di rak menurut peraturan yang berlaku.
iv. Tata Usaha
1. Menyusun program kerja tata usaha sekolah
2. Mengelola keuangan sekolah
3. Mengurus administrasi ketenagaan dan siswa
4. Pembinaan dan pengembangan karir para pegawai tata usaha sekolah
5. Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K
6. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketata usahaan secara berkala
v. Bendahara
1. Mempersiapkan rapat dengan Pengurus Komite Sekolah dan orangtua/wali siswa dlm upaya dukungan dana
2. Bersama Bendahara Komite Sekolah mengkoordinir dan melaksanakan pengumpulan sumbangan dari orang tua/wali siswa
3. Mencari dana, terutama untuk keperluan mendesak, mencari orang tua asuh
4. Mengkoordinir guru dan karyawan dalam peningkatan kesejahteraan
5. Menyerahkan gaji bulanan pegawai rutin setiap awal bulan
6. Mendayagunakan uang rutin sesuai dengan mata anggaran yang relevan
7. Menyampaikan pertanggungjawaban penggunaan uang rutin ke Dinas Pendidikan terkait
8. Menyampaikan pertanggungjawaban penggunaan dana iuran Komite Sekolah kepada pengurus Komite Sekolah (bila ada)
9. Membuat pertanggungjawaban keuangan sekolah dengan sebaik-baiknya
vi. Guru Kelas
1. Pengelolaan kelas
2. Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi : Daftar pelajaran kelas, Papan absensi siswa, Buku absensi siswa, Buku kegiatan pembelajaran/buku kelas, Tata tertib siswa
3. Mengisi daftar kumpulan nilai (legger)
4. Membuat catatan khusus tentang siswa
5. Pencatatan mutasi siswa
6. Mengisi buku laporan penilaian hasil belajar
7. Pembagian buku laporan hasil belajar
vii. Siswa
1. Belajar
2. Taat pada peraturan sekolah
3. Disiplin
4. Patuh dan hormat pada guru
5. Menjaga nama baik sekolah
viii. Masyarakat
1. Berperan serta dalam membantu mendirikan atau mengembangkan sekolah
2. Berperan dalam mengawasi pendidikan agar sekolah tetap membantu dan mendukung cita-cita dan kebutuhan masyarakat
3. Masyarakat sebagai sumber pelajaran atau laboratorium tempat belajar
4. Masyarakatlah yang menyediakan berbagai sumber untuk sekolah. Sekolah bisa melibatkan masyarakat yang memiliki keahlian khusus seperti petani, pedagang, polisi, dokter dll.
3.2. Analisis kebutuhan
3.2.1. Analisis proses
Beberapa fungsi yang dibutuhkan dalam media pembelajaran IPA berbasis platfrom Android ini antara lain:
i. User dapat mengakses materi pembelajaran IPA.
ii. User dapat mengikuti latihan soal pembelajaran IPA.
iii. User dapat melakukan pencarian seputar materi pembelajaran IPA.
iv. User dapat melakukan Bookmark mengenai materi yang terakhir dipelajari.
v. User dapat mengakses informasi tentang aplikasi ini.
3.2.2. Analisis kebutuhan perangkat keras
Agar bisa mencapai user experience yang ideal, kebutuhan perangkat keras yang digunakan untuk menjalankan aplikasi pembelajaran IPA berbasis Android ini adalah:
1. Laptop Asus X550ZE
· Prosessor : AMD FX-7600P Radeon R7
· Memori : 8GB RAM
· VGA : AMD Radeon(TM) R7 Graphics
· HDD : 1T
· Resolusi : 1366 x 768 pixel
2. Keyboard
3. Mouse
4. Smartphone android
3.2.3. Analisis kebutuhan perangkat lunak
Aplikasi pembelajaran IPA ini memerlukan dukungan perangkat lunak untuk dapat digunakan, adapun perangkat lunak yang diperlukan antara lain:
1. Microsoft Windows 10
2. Android Studio
3. Emulator NOX
4. Adobe Photoshop
3.3. Model Fungsional perangkat lunak
Model fungsional akan disajikan dalam bentuk logical model yang menunjukan bagaimana secara logika fungsi-fungsi sistem akan bekerja. Logical model akan digambarkan dalam bentuk use case diagram dan activity diagram.
3.3.1. Use case diagram
Use case diagram mendeskripsikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem yang akan dibuat. Use case diagram digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada di dalam sebuah sistem dan siapa saja yang berhak menggunakan fungsi – fungsi yang ada. Rancangan use case diagram untuk media pembelajaran IPA berbasis Android ini adalah sebagai berikut.
Gambar 8. Rancangan Use Case Diagram
Untuk memperjelas skema interaksi antara User dengan System maka dideskripsikan use case dari aktor user. Berikut penjelasannya:
Tabel 1. Use Case Membuka Materi
Use case ID
|
UC-01
|
Use case Name
|
Membuka Materi
|
Use case Type
|
Essential
|
Priority
|
High
|
Actors
|
User
|
Description
|
Use case ini melakukan proses membuka menu materi untuk dapat mengakses kumpulan materi pembelajaran yang telah disediakan.
|
Pre-conditions
|
Halaman utama ditampilkan
|
Basic Path
|
1. User memilih menu materi
2. Sistem akan mengarahkan user ke daftar materi pembelajaran yang telah disediakan
3. User memilih materi pembelajaran tertentu
4. Sistem menampilkan isi materi pembelajaran sesuai dengan pilihan user
|
Postconditions
|
Isi materi ditampilkan
|
Tabel 2. Use Case Membuka Bookmark
Use case ID
|
UC-02
|
Use case Name
|
Membuka Bookmark
|
Use case Type
|
Essential
|
Priority
|
High
|
Actors
|
User
|
Description
|
Use case ini melakukan proses membuka menu Bookmark untuk dapat mengakses halaman materi yang telah ditandai di dalam materi
|
Pre-conditions
|
Halaman utama ditampilkan
|
Basic Path
|
1. User memilih menu Bookmark
2. Sistem akan menampilkan daftar Bookmark yang telah ditandai di Materi
3. User memilih salah satu pilihan dari daftar Bookmark
4. Sistem mengarahkan pengguna ke Materi pembelajaran yang telah di Bookmark
|
Postconditions
|
Menampilkan halaman sesuai isi menu Bookmark yang telah menandai materi
|
Tabel 3. Use Case Mengikuti Latihan Soal
Use case ID
|
UC-03
|
Use case Name
|
Mengikuti Latihan Soal
|
Use case Type
|
Essential
|
Priority
|
High
|
Actors
|
User
|
Description
|
Use case ini melakukan proses membuka menu Latihan Soal untuk dapat mengakses kumpulan latihan soal yang telah disediakan
|
Pre-conditions
|
Halaman utama ditampilkan
|
Basic Path
|
1. User memilih menu latihan soal
2. Sistem akan mengarahkan user ke daftar latihan soal yang telah disediakan
3. User memilih latihan soal tertentu
4. Sistem menampilkan isi soal pembelajaran
5. User memilih salah satu jawaban yang dianggap benar
6. Sistem memberikan feedback jawaban
|
Postconditions
|
Isi latihan soal ditampilkan
|
Tabel 4. Use Case Melakukan Pencarian
Use case ID
|
UC-04
|
Use case Name
|
Melakukan Pencarian
|
Use case Type
|
Essential
|
Priority
|
High
|
Actors
|
User
|
Description
|
Use case ini melakukan pencarian materi pembelajaran secara instan
|
Pre-conditions
|
Halaman utama ditampilkan
|
Basic Path
|
1. User memilih menu pencarian
2. Sistem menampilkan kotak pencarian
3. User memasukkan materi yang akan dicari dan menekan tombol pencarian
4. Sistem menampilkan materi pembelajaran
|
Postconditions
|
Menampilkan hasil pencarian materi pembelajaran
|
Tabel 5. Use Case Membuka About Aplikasi
Use case ID
|
UC-05
|
Use case Name
|
Membuka About Aplikasi
|
Use case Type
|
Not Essential
|
Priority
|
Medium
|
Actors
|
User
|
Description
|
Use case ini menampilkan menu deskripsi aplikasi pengembang
|
Pre-conditions
|
Halaman utama ditampilkan
|
Basic Path
|
1. User memilih menu About Aplikasi
2. Sistem menampilkan deskripsi aplikasi dan deskripsi pengembangan
|
Postconditions
|
Halaman tentang aplikasi ditampilkan
|
3.3.2. Activity Diagram
Activity diagram atau diagram aktivitas menggambarkan workflow (aliran kerja) atau aktifitas dari sebuah sistem. Rancangan Activity Diagram media pembelajaran IPA berbasis Android adalah sebagai berikut:
1. Membuka Materi
Gambar 9. Activity Diagram Membuka Materi
2. Membuka Bookmark
Gambar 10. Activity Diagram Membuka Bookmark
3. Mengikuti Latihan Soal
Gambar 11. Activity Diagram Mengikuti Latihan Soal
4. Melakukan Pencarian
Gambar 12. Activity Diagram Melakukan Pencarian
5. Membuka About Aplikasi
Gambar 13. Activity Diagram Membuka About Aplikasi
Silakan Download Disini Untuk Lebih Jelasnya
0 komentar: